SaLAM PeRsAuDaRaAn

Wednesday, September 8, 2010

YANG TIDAK BISA DIUCAPKAN OLEH AYAH...


YANG TIDAK BISA DIUCAPKAN OLEH AYAH...



Biasanya,bagi seorang anak perempuan yang sudah dewasa, yang sedang bekerjadiperantauan, yang ikut suaminya merantau di luar kota atau luarnegeri,yang sedang bersekolah atau kuliah jauh dari kedua orangtuanya...Akan sering merasa rindu sekali dengan ibunya..Lalu bagaimanadengan AYAH?

Mungkin kerana ibu lebih sering menelefon untukmenanyakan keadaanmu setiap hari, tapi tahukah kamu, jika ternyataayah-lah yang mengingatkan ibu untuk menelefonmu?

Mungkin dulusewaktu kamu kecil, ibu-lah yang lebih sering mengajakmu bercerita atauberdongeng, tapi tahukah kamu, bahwa sekembalinya ayah dr bekerja dandengan wajah lelah ayah selalu menanyakan pada ibu tentang khabarmu danapa yang kau lakukan seharian?

Pada saat dirimu masihseorang anak perempuan kecil.Ayah biasanya mengajari putri kecilnyanaik basikal .Dan setelah ayah mengganggapmu sudah boleh menunggangnya,ayah akan melepaskan roda bantu di basikalmu .Kemudian Ibu bilang :"Jangan dulu ayahnya, jangan ditanggalkan dulu roda bantunya", itukerana ibu takut puteri manisnya akan terjatuh lalu terluka....

Tapisedarkah dikau?Bahwa ayah dengan yakin akan membiarkanmu, menatapmu,dan menjagamumengayuh basikal dengan seksama kerana dia tahu puterikecilnya PASTI mampu melakukannya.

Pada saat kamumenangis merengek meminta alat permainan yang baru, ibu menatapmuhiba.Tetapi ayah akan mengatakan dengan tegas : "Boleh, kita belinanti, tapi tidak sekarang" Tahukah kamu, ayah melakukan itu keranaayah tidak ingin kamu menjadi anak yang manja dengan semua tuntutanyang selalu dapat dipenuhi.

Saat kamu ditimpa sakit , ayah lahyang terlalu khawatir sampai kekadang sedikit membentak dengan berkata: "Sudah di beritahu! kamu jangan minum air sejuk!".Berbeza dengan ibuyang memperhatikan dan menasihatimu dengan lembut.Ketahuilah, saat ituayah benar-benar mengkhuatirkan keadaanmu..

Setelah lulusSPM, Ayah akan sedikit memaksamu untuk menjadi seorang Doktor atauEngineer. Ketahuilah, bahwa seluruh paksaan yang dilakukan ayah itusemata - mata hanya karena memikirkan masa depanmu nanti.Tapi ayahtetap tersenyum dan menyokongmu saat pilihanmu tidak sesuai dengankeinginan ayah.

Ketika kamu menjadi gadis dewasa.Dan kamuharus pergi kuliah dikota lain.ayah harus melepaskanmu dibandar.Tahukah kamu bahwa badan ayah terasa kaku untuk memelukmu? Ayahhanya tersenyum sambil memberi nasihat ini - itu, dan menyuruhmu untukberhati-hati.Padahal ayah ingin sekali menangis seperti ibu danmemelukmu erat-erat.Yang ayah lakukan hanya menghapus sedikit air matadi sudut matanya, dan menepuk pundakmu berkata "Jaga dirimu baik-baikya sayang".Ayah melakukan itu semua agar kamu KUAT....kuat untuk pergidan menjadi dewasa.

Disaat kamu kesempitan wang untukmembiayai perbelanjaan semester dan kehidupanmu, orang pertama yangmengerutkan kening adalah ayah. Ayah pasti berusaha keras mencari jalanagar anaknya boleh merasa sama dengan teman-temannya yang lain.Ketikapermintaanmu bukan lagi sekadar meminta alat mainan yang baru, dan ayahtahu ia tidak mampu memberikan apa yang kamu inginkan...

Kata-katayang keluar dari mulut Ayah adalah : "Tidak.... Tidak boleh!" Padahaldalam batin Ayah, Ia sangat ingin mengatakan "Iya sayang, nanti ayahbelikan untukmu".Tahukah kamu bahwa pada saat itu Ayah merasa gagalmembuat anaknya tersenyum?

Saatnya kamu berjaya sebagai seorangsarjana. Ayah adalah orang pertama yang berdiri dan memberi tepuktangan untukmu.Ayah akan tersenyum dengan bangga dan puas melihat"puteri kecilnya yangtidak manja berhasil tumbuh dewasa, dan telahmenjadi seseorang" Sampai saat seorang lelaki datang ke rumah danmeminta izin pada ayah untuk mengambilmu darinya.Ayah akan sangatberhati-hati memberikan izin..Kerana Ayah tahu.....Bahwa lelaki itulahyang akan menggantikan posisinya nanti.

Dan akhirnya....

Saatayah melihatmu duduk di kerusi pelaminan bersama seseorang Lelaki yangdi anggapnya mampu menggantikannya, Ayah pun tersenyum bahagia..Apakahkamu mengetahui, di hari yang bahagia itu ayah pergi kebelakang pentaspelaminan sebentar, dan menangis? Ayah menangis karena ayah sangatberbahagia, kemudian ayah berdoa....Dalam lirih doanya kepada Tuhan,Ayah berkata: "Ya Allah tugasku telah selesai dengan baik....Puterikecilku yang lucu dan kucintai telah menjadi wanita solehah yangcantik....Bahagiakanlah dia bersama suaminya...rahmatilah kehidupanmereka Ya Allah"

Setelah itu Ayah hanya mampu menunggukedatanganmu bersama cucu-cucunya yang sesekali datang untukmenjenguk...Dengan rambut yang telah dan semakin memutih....Dan badanserta lengan yang tak lagi kuat untuk menjagamu dari bahaya....Ayahtelah menyelesaikan tugasnya....Papa, Ayah, Bapak, atau Abahkita...Adalah sosok yang harus selalu terlihat kuat...Bahkan ketika diatidak kuat untuk tidak menangis...Dia harus terlihat tegas bahkan saatdia ingin memanjakanmu.Dan dia adalah yang orang pertama yang selaluyakin bahwa "KAMU MAMPU" dalam segala hal..

wallahua'lam..

No comments:

Post a Comment

jom ReLax

hamster^_^

InDaHnYa IsLaM..

Andai Al-quran bisa bicara,ia berkata:"waktu kau masih anak2,kau bagai teman sejatiku,dgn wudhu kau sentuh aku,dlm keadaan suci kau pegang aku,kau baca dgn lirih dan keras,skrg kau telah dewasa,nampaknya kau tdk berminat lagi padaku,apakah aku bacaan usang?Skrg kau simpan aku dgn rapi,kau biarkan aku berlapis debu,ku mohon peganglah aku lg,bacalah aku setiap hari,kerana aku akn mnjd penerang didalam kuburmu!

cursor

Elegant Rose - Working In Background